Bukan hanya kulit wajah yang mesti dijaga, namun kulit tangan pun jangan sampai dibiarkan kasar dan tak terawat. Telapak tangan yang kasar merupakan salah satu masalah yang akan kerap membuat kamu kerepotan. Hal ini dikarenakan jika kulit tangan kasar, berbagai masalah lain, seperti pengelupasan dan infeksi, lebih mudah terjadi.

Cara mengatasi tangan kasar pun penting kamu ketahui supaya masalah kulit tanganmu tidak berlarut-larut. Salah satu caranya adalah dengan menghindari penyebabnya. Namun tentunya tidak setiap saat penyebab tangan kasar ini dapat dihindari. Ini karena penyebab tangan kasar cenderung berhubungan dengan produk kebersihan yang berdampak juga untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Penyebab Tangan Kasar

Kulit kasar sering terjadi akibat kulit kering. Hal ini umumnya disebabkan oleh kulit yang kehilangan kelembapan sehingga kulit memiliki tekstur kasar, mengelupas, dan gatal.

Penyebab tangan kasar bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti keluaran sgp hari ini penggunaan sabun atau deterjen yang tidak cocok, kondisi medis tertentu, dan perubahan cuaca”.

Penting bagi kamu untuk tahu penyebab terjadinya kulit tangan yang kasar. Dengan begitu, kamu tahu cara tepat untuk mengatasinya.

Berikut penjelasan dari berbagai penyebab tangan kasar:

1. Penggunaan Sabun/Deterjen yang Tidak Cocok

Kulit berfungsi sebagai lapisan pelindung tubuh. Paparan air dan penggunaan sabun yang mengandung zat surfaktan secara terus menerus dapat menghilangkan minyak dan kelembapan yang dimiliki kulit.

Akibatnya, kulit bisa menjadi kering dan kasar. Pada beberapa kasus, bisa juga menimbulkan rasa gatal di telapak tangan.

2. Perubahan Cuaca

Penyebab kulit kasar dan kering selanjutnya adalah perubahan cuaca, utamanya cuaca dingin. Cuaca yang dingin dapat menurunkan tingkat kelembapan sehingga kulit cenderung menjadi kasar dan kering pada cuaca dingin.

3. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu bisa menyebabkan kulit cenderung lebih kasar dan kering, seperti:

  • Eksim salah satu penyakit kulit yang menyebabkan ruam, kering, pecah-pecah, dan gatal
  • Psoriasis, merupakan penyakit kulit yang menyebabkan ruam, gatal, dan bersisik sehingga membuat penderitanya memiliki kulit yang cenderung kasar
  • Penyakit lainnya, seperti diabetes dan penyakit ginjal rentan menimbulkan kulit kasar

Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar

Meski tangan kasar dan kering bukan termasuk kondisi medis yang serius, hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Untuk mengatasi telapak tangan yang kasar, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Batasi Paparan Air

Paparan air pada telapak tangan bisa terjadi saat kamu mencuci tangan dan mandi. Selain menghindari cuci tangan berlebihan, kamu juga perlu menghindari waktu mandi yang terlalu lama.

Pastikan kamu mencuci tangan selama 20 detik. Sementara itu, waktu mandi bisa kamu batasi dengan tidak lebih dari 10 menit.

Selain waktu, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti gunakanlah air suam-suam kuku atau air hangat bukan air panas yang bisa melukai kulit.

2. Gunakan Sabun yang Tepat

Beberapa kandungan sabun dapat memicu dermatitis kontak. Pada sebagian orang, hal ini mungkin tak menjadi masalah, tetapi bagi penderita dermatitis atopik, kulit sensitif, atau riwayat alergi tertentu mungkin memerlukan perhatian khusus.

Bila kamu memiliki kulit sensitif dan riwayat penyakit kulit lain, kamu bisa mencoba menggunakan sabun yang lembut untuk kulit, misalnya sabun dengan bebas pewangi dan tanpa alkohol.

3. Gunakan Pelembap Tangan

Memakai pelembap dapat menjadi salah satu cara untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar.

Berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Medicina, pelembab membantu menjaga serta mengembalikan kelenturan kulit dengan mencegah hilangnya air dari kulit. Selain itu, pelembap juga membantu menjaga permukaan kulit tetap halus.

Terdapat beberapa kandungan yang memberikan fungsi tersebut pada pelembap tangan, yaitu:

  • Emolien

Kandungan ini memberikan rasa lembut dan halus pada kulit, seperti octyl stearate, isopropyl myristate, dan oleyl oleate.

  • Humektan

Kandungan ini berfungsi untuk mengembalikan dan mengunci kelembapan, seperti urea, alpha hydroxy acid (AHA), asam hialuronat, kolagen, dan gliserin.

  • Oklusif

Kandungan ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dengan mencegah hilangnya air dari kulit, seperti lanolin, shea buttersqualane, seperti disampaikan dr. Devia

Menggunakan pelembap ketika kulit masih belum kering sepenuhnya setelah mencuci tangan dapat membantu melembutkan telapak tangan. Cara tersebut bisa mengunci kelembapan kulit tangan dan mengembalikan pertahanan atau barrier kulit.

4. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Meski sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terlalu lama terpapar di bawah sinarnya bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Panas matahari dapat mengangkat minyak natural tubuh pada bagian kulit yang tidak terlindungi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit kering dan kasar.

Gunakanlah tabir surya setiap kali kamu beraktivitas di bawah sinar matahari. Pilih tabir surya yang tahan air dan memiliki sun protection factor (SPF) 30 atau lebih. Hal ini bisa menjadi salah satu cara melembutkan telapak tangan.

5. Gunakan Humidifier

Udara yang kering dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Dilansir dari Cleveland Clinic, kadar kelembapan rumah sebisa mungkin berada pada rentang 30% hingga 50%. Hal tersebut akan membantu melembapkan kulit juga organ tubuh lainnya.